Sabtu, 13 Juni 2020

TIPS PENCEGAHAN WABAH PANDEMIC COVID19

Cara mencegah dan menghindari virus Corona dapat dilakukan dengan menerapkan perilaku hidup bersih sehat. berikut merupakan cara ampuh agar terhindar dari penularan virus corona (Covid19)




1. Rajin Mencuci Tangan
Melansir dari Liputan6.com, , sekitar 98 persen penyebaran virus dan bakteri penyebab penyakit berasal dari tangan. Mencuci tangan hingga bersih dengan air mengalir dan sabun secara efektif mampu membunuh kuman, bakteri dan virus.Tak terkecuali virus corona (Covid-19). Tak heran, di tengah pandemi corona ini WHO dan pemerintah mengimbau masyarakat untuk rajin mencuci tangan dengan bersih.
2.Hindari Sentuhan Fisik
Cara ampuh mencegah penyebaran virus corona berikutnya yaitu hindari melakukan sentuhan atau kontak fisik. Mulai dari berjabat tangan hingga berpelukan dengan orang lain. Hal ini juga telah disarankan oleh WHO (Organisasi Kesehatan Dunia).
3.Etika Batuk dan Bersin
Salah satu penyebaran virus corona yaitu melalui droplet (percikan kelenjar liur). Percikan tersebut keluar saat seseorang batuk ataupun bersin.Untuk itu, saat bersin dan batuk seseorang harus menutup mulutnya dengan tangan. Akan lebih baik lagi menggunakan tisu sebagai media menutup mulut. Setelahnya, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Agar virus tidak menempel di tangan.
4.Jaga Jarak
Cara ampuh mencegah penyebaran virus corona lainnya yaitu menjaga jarak sosial. Ini merupakan langkah terpenting yang harus dilakukan jika tidak ingin terinfeksi virus corona. Pemerintah juga telah melakukan kampanye jaga jarak fisik (physical distancing).

Dengan melakukannya, itu berarti kalian sudah satu langkah mencegah penularan virus corona. Paling tidak jagalah jarak kalian dengan orang lain sekitar 1 meter. Tidak hanya di tempat umum, jaga jarak fisik juga bisa diterapkan di rumah.
5. Kurangi Aktifitas Di Luar Rumah





Tidak ada komentar:

Posting Komentar